KISI-KISI SOAL PAT BTA SEMESTER II (GENAP) KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2024-2025 MTs. YASRIB BATU-BATU
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Bentuk Soal |
Memahami pengertian Ilmu Tajwid |
Siswa dapat menjelaskan pengertian ilmu tajwid secara bahasa dan istilah |
Pengertian Tajwid secara bahasa dan istilah |
Uraian |
Memahami pentingnya ilmu Tajwid |
Siswa dapat memahami tujuan mempelajari ilmu Tajwid |
Tujuan dan manfaat mempelajari Ilmu Tajwid |
Uraian |
Siswa dapat memahami manfaat mempelajari ilmu Tajwid |
|||
Memahami hukum mempelajari Ilmu Tajwid |
Siswa dapat menjelaskan hukum mempelajari ilmu tajwid |
Hukum mempelajari Ilmu Tajwid (fardhu kifayah) |
Uraian |
Memahami hukum membaca Al-Qur’an dengan benar |
Siswa dapat menjelaskan hukum membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar |
Hukum membaca Al-Qur’an dengan tajwid (fardhu ‘ain) |
Uraian |
Memahami hukum bacaan lam |
Siswa dapat Menjelaskan perbedaan lam tafkhim dan lam tarqiq |
Hukum bacaan lam (tafhkhim & tarqiq) |
Uraian |
Siswa dapat Memberikan contoh bacaan lam tafkhim |
Contoh bacaan lam tafkhim dan tarqiq |
Uraian |
|
Siswa dapat Memberikan contoh bacaan lam tarqiq |
|||
Memahami hukum bacaan lam |
Siswa dapat Menjelaskan alasan lam dibaca tipis pada sebuah contoh |
Kaidah bacaan |
Uraian |
|
Siswa dapat Menyebutkan kondisi lam dibaca tafkhim |
Syarat tafkhim |
Uraian |
|
Siswa dapat Menjelaskan hukum bacaan lam pada ayat tertentu |
Contoh sebuah ayat |
Uraian |
Memahami Idgham |
Siswa dapat Menjelaskan pengertian Idgham Mutamatsilain |
Idgham Mutamatsilain |
Uraian |
|
Siswa dapat Memberikan contoh ayat Idgham Mutamatsilain |
Contoh dalam Al-Qur’an |
Uraian |
|
Siswa dapat Menjelaskan pengertian Idgham Mutaqaribain |
Idgham Mutaqaribain |
Uraian |
Memahami Idgham |
Siswa dapat Memberikan contoh Idgham Mutaqaribain |
Contoh dalam Al-Qur’an |
Uraian |
Siswa dapat Menjelaskan Idgham Mutajanisain dan contohnya |
Idgham Mutajanisain |
Uraian |
|
Menganalisis hukum Idgham |
Siswa dapat Menyebutkan perbedaan Mutamatsilain, Mutaqaribain, dan Mutajanisain |
Perbedaan ketiga jenis Idgham |
Uraian |
Memahami hukum bacaan panjang |
Siswa dapat Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis Madd |
Madd Thabi’i, Wajib Muttasil, Jaiz Munfasil, dll. |
Uraian |
Siswa dapat Menjelaskan perbedaan Madd Wajib Muttasil dan Jaiz Munfasil |
Perbedaan dua jenis madd |
Uraian |
|
Siswa dapat Memberikan contoh bacaan Madd Thabi’i, Wajib Muttasil, dan Jaiz Munfasil |
Contoh masing-masing madd |
Uraian |
|
Menganalisis hukum bacaan |
Siswa dapat Menjelaskan hukum dan cara membaca suatu lafaz |
Hukum bacaan madd dan tanwin |
Uraian |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Bentuk Soal |
Memahami hukum bacaan panjang (madd) |
Siswa dapat menjelaskan pengertian Madd Thabi’i |
Madd Thabi’i (Asli) |
Uraian / Isian |
|
Siswa dapat menjelaskan hukum dan contoh Madd Wajib Muttasil |
Madd Wajib Muttasil |
Uraian / Contoh |
|
Siswa dapat menjelaskan hukum dan contoh Madd Jaiz Munfasil |
Madd Jaiz Munfasil |
Uraian / Contoh |
Memahami hukum bacaan panjang (madd) |
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan contoh Madd Lazim Mutsaqqal Kilmi |
Madd Lazim Mutsaqqal Kilmi |
Uraian |
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan contoh Madd Lazim Mukhaffaf Kilmi |
Madd Lazim Mukhaffaf Kilmi |
Uraian |
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan contoh Madd Layyin |
Madd Layyin |
Uraian / Isian |
|
Siswa dapat menjelaskan hukum dan contoh Madd ‘Aridh Lis Sukun |
Madd ‘Aridh Lis Sukun |
Uraian / Contoh |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar