KISI-KISI UJIAN MADRASAH (UM)
MATA PELAJARAN FIQHI MTs YASRIB BATU – BATU
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
KD |
MATERI POKOK |
INDIKATOR SOAL |
Menerapkan tata cara bersuci dari hadas & najis |
Tata cara bersuci,dari hadas & najis |
· Mengidentifikasi tata cara bersuci dari hadas & najis |
Menganalisis ketentuan shalat fardu 5 waktu |
Tata cara shalat fardu |
· Memberikan contoh gerakan-gerakan shalat |
Menganalisis ketentuan shalat berjamaah |
Shalat berjamaah |
· Membandingkan makmum muwafiq & masbuk |
Menganalisis keutamaan berzikir & berdoa setelah shalat |
Berzikir & berdoa |
· Menemukan hikmah dari berzikir & berdoa |
Menganalisis ketentuan shalat Jum’at |
Tata cara pelaksanaan Shalat Jum’at |
· Mengorganisir tata cara pelaksanaan shalat Jum’at |
Menganalisis ketentuan shalat jama & qashar |
Shalat Jama Qashar |
· Membandingkan shalat Jama & shalat qasar |
Menganalisis shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad |
Shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad |
· Membandingkan shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad |
Menerapkan tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur |
Tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur |
· Mengimplementasikan tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur |
Menganalisis ketentuan pelaksanaan zakat |
ketentuan pelaksanaan zakat |
· Menyimpulan cara mengeluarkan zakat |
Menganalisis ketentuan ibadah puasa wajib & sunah |
Puasa fardhu & puasa sunah |
· Membandingkan puasa fardhu & puasa sunah |
Menerapkan ketentuan sedekah, hibah & hadiah |
Sedekah, hibah & hadiah |
· Membandingkan sedekah, hibah & hadiah |
Menganalisis ketentuan haji & umrah |
Ketentuan haji & umrah |
· Membandingkan haji & umrah |
Menganalisis ketentuan halal & haramnya makanan & minuman |
Makanan & minuman halal & haram |
· Mengidentifikasi jenis-jenis makanan & minuman halal & haram |
Menerapkan ketentuan penyembelihan binatang |
Ketentuan penyembelihan binatang |
· Menyimpulkan ketentuan menyembelih binatang |
Menganalisis ketentuan kurban & akikah |
Ketentuan kurban & akikah |
· Membandingkan kurban & akikah |
Menganalisis ketentuan jual beli, khiyar & qirad |
Jual beli, khiyar & qirad |
· Mengidentifikasi macam-macam jual beli, khiyar & qirad |
Menganalisis larangan riba |
Riba |
· Menentukan contoh praktik riba dimasyarakat |
Menerapkan ketentuan ariyah & wadiah |
ketentuan ariyah & wadiah |
· Menelaah praktik ariyah & wadiah dimasyarakat |
Menganalisis ketentuan utang piutang, gadai & hiwalah |
Hutang piutang |
· Mengidentifikasi ketentuan utang piutang |
Menerapkan ketentuan pemulasaraan jenazah: memandikan, mengafani, menyalatkan, menguburkan |
Pengurusan jenazah |
· Mengidentifikasi kewajiban, tata cara shalat,rukun shalat jenazah |
Menganalisis ketentuan waris |
Waris |
· Menelaah ketentuan waris pada kasus tertentu |
|
|
· Menentukan contoh pembagian harta warisan |
Menganalisis ketentuan penyembelihan |
Penyembelihan |
· Menelaah ketentuan rukun,syarat,sunnah dan larangan dalam penyembelihan |
Menganalisis ketentuan jual beli, khiyar & qirad |
Jual beli |
· Menentukan dasar hukum dalam kegiatan jual beli |
|
|
· Menentukan arti Qirad,Khiyar,Jual Beli,Riba |
Menganalisis ketentuan utang piutang, gadai & hiwalah |
Utang piutang |
· Menentukan rukun dan syarat hutang piutang |
|
Gadai |
· Menentukan beberapa ketentuan umum dalam kegiatan Gadai |
Menerapkan ketentuan pemulasaraan jenazah: memandikan, mengafani, menyalatkan, menguburkan |
Pengurusan Jenazah |
· Mengidentifikasi posisi imam dalam pelaksanaaan shalat jenazah |
|
|
· Mengidentifikasi beberapa kewajiban dalam kegiatan pengurusan jenazah |
KISI KISI SOAL ASESMEN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Satuan Pendidikan : MTs Yasrib Batu Batu Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : IX/Genap |
|
|
Alokasi Waktu : Kurikulum : 2013 Jumlah Soal : 50 Butir Soal |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi Esensial |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
1. |
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. |
Letak geografis Indonesia |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi batas letak geografis Indonesoa |
PG |
|
Kondisi geografis dengan aktivitas manusia |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia sesuai dengan kondisi lingkungannya |
PG |
|||
Peta |
Aplikasi (Menghitung) |
Siswa dapat menghitung skala peta |
PG |
|||
2 |
Mengidentifikas interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ,ekonomi,dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembgan sosial budaya |
Interaksi sosial |
Pengetahuan dan pemahaman (Memahami) |
Siswa dapat memahami factor kelangsungan interaksi sosial |
PG |
|
Bentuk –bentuk Interaksi sosial (7/1) |
Pengetahuan dan pemahaman (Memahami) |
Siswa dapat memberi contoh bentuk interaksi sosial proses disosiatif bentuk pertentangan/konflik |
PGk |
|||
3 |
Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan inter aksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan oleh faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,sosial, pendidikan dan politik |
Prinsif ekonomi |
Pengetahuan dan Pemahaman (Mendeskripsikan) |
Siswa dapat mendeskripsikan prinsif tindakan ekonomi |
PG |
|
4 |
Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia. |
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral |
Aplikasi (Memberikan contoh) |
Siswa dapat memberikan contoh kegiatan manusia sebagai makhluk sosial |
PG |
|
5 |
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan |
uang |
Membedakan (Aplikasi) |
Dari data yang ditampilkan, siswa dapat membedakan fungsi asli dan fungsi turunan uang |
PG |
|
6 |
Memahami berpikir kronologi, perubahandankesinambungandalamkehidupanbangsa Indonesia padaaspekpolitik, sosial, budaya, geografis, danpendidikansejakmasapraaksarasampaimasa Hindu-Buddha, dan Islam.
|
Kerajaan kerajaan Islam di Indonesia |
Pengetahuan dan pemahaman (Menyebutkan) |
Siswa dapat menyebutkan kerajaan karajaan islam di Indonesia |
PG |
|
Kerajaan Islam |
Pengetahuan dan pemahaman (menunjukan) |
Siswa dapat menunjukan puncat kejayaan Aceh |
PG |
|||
7. |
Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik |
Mengenal Negara-negara ASEAN |
Menentukan (aplikasi) |
Siswa dapat menentukan letak geografis ASEAN |
PG |
|
Mengenal Negara-negara ASEAN |
Mengidentifikasi (pemahaman) |
Siswa dapat mengidentifikasi tanggal berdirinya ASEAN
|
PGk |
|||
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk bentuk kerja sama ASEAN di bidang politik |
PG |
|||||
Faktor pendorong |
Mengidentifikasi (pemahaman) |
Faktor pendorong kerja sama antar negara ASEAN |
PG |
|||
|
|
Menjelaskan Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang negara-negara ASEAN
|
PG |
|||
8. |
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan |
Bentuk –bentuk mobilitas sosial |
Mengidentifikasi (Pemahaman) |
Siswa dapat mengidentifkasi bentuk mobilitas sosial |
PG |
|
9. |
Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara- |
Contoh Factor pendorong mobilitas sosial |
Pengetahuan dan pemahaman (Menentukan) |
Menentukan contoh Faktor pendorong Mobilitas Sosial |
PG |
|
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi)
|
Fsiwa dapat mengidentifikasi faktor penghambat integrasi sosial |
PG |
|||
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Pengetahuan dan pemahaman (Mejelaskan) |
Siswa dapat menjelaskan peran penting Kegiatan yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah |
PGk |
|||
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Mengklasifikasi (aplikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga produksen |
PG |
|||
|
|
Penguatan ekonomi maritin dan Agrikultur |
Pengetahuan dan Pemahaman (Menjelaskan) |
Siswa dapat upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia |
PG |
|
10. |
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan |
Masa kolonialisme |
Pengetahuan dan Pemahaman (Menjelaskan) |
Siswa dapat mengidentifikasi yang melatar belakangi sisti sewa tanah pada pemerintahan |
PG |
|
Sistim tanam paksa |
Aplikasi (Menjelaskan) |
Siswa dapat menjelaskan sistim tanam paksa |
PG |
|||
Tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan |
Aplikasi (Mengklasifikasi) |
Siswa dapat menjelaskan propaganda semboyang Tiga A |
PG |
|||
11 |
Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik.
|
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya |
Pengetahuan |
Siswa dapat Mengidentifikasi benua yang terluas berdasarkan letak astronomis |
PG |
|
Kondisi negara di dunia |
Aplikasi (Mengklasifikasi) |
Menjelaskan penyebab jepang mengalami penurunan jumlah penduduk |
PG |
|||
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya |
Pengetahuan
|
Siswa dapat mengidentifikasi letak negara di benua |
PG |
|||
Flora dan Fauna Benua |
Pemahaman
|
Siswa dapat menjelaskan flora dan funa benua |
PG |
|||
Perubahan social budaya |
Pemahaman |
Siswa dapat menidentifikasi pengeruh perubahan social budaya |
PG |
|||
Globalisasi |
Aplikasi |
Siswa dapat menjelaskan globalisasi di bidang ekonomi |
PG |
|||
Globalisasi |
Pemahaman |
Siswa dapat mengkategorikan bidang-bidang dalam globalisasi |
PG |
|||
12 |
Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan |
Dampak positif dan negatif globalisasi |
Pemahaman |
Siswa dapat menjelaskan dampak positif globalisasi |
PG |
|
Perubahan sosial budaya |
Evaluasi |
Siswa dapat mengidentifikasi cara menyikapi perubahan social dan globalisasi |
PG |
|||
13 |
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat |
Perdagangan International |
Pemahaman |
Siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor perdagangan international |
PG |
|
Perdagangan International |
Pengetahun |
Siswa dapat menjelaskan pengertian perdagangan international |
PG |
|||
Perdagangan International |
Pemahaman |
Siswa dapat menjelaskan hambatan perdagangan international |
PG |
|||
Perdagangan International |
Evaluasi |
Siswa dapat membandingkan perkembangan ekspor-impor Indonesia |
PG |
|||
Perdagangan International |
Analisis |
Siswa dapat menjelaskan ekspor |
PG |
|||
Perdagangan International |
Evaluasi |
Siswa dapan emngidentifikasi komoditas ekspor sebagai bahan baku penolong |
PG |
|||
Perdagangan International |
Evaluasi |
Siswa menjelaskan yang mendirikan organisasi ASEAN |
PG |
|||
14 |
Menyajikan hasil analisis tentang Ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
Pasar Bebas |
Pemahaman |
Siswa dapat menidentifikasi konsep pasar bebas |
PG
|
|
Pemahaman |
Siswa dapat mengidentifikasi organisai pasar bebas |
PG |
||||
15 |
Menganalisiskronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.
|
Pra Kemerdekaan |
Analisis |
Siswa dapat menjelaskan keadaan bangsa Indonesia setelah merdeka |
PG |
|
Demokrasi Parlementer |
Pengetahuan |
Siswa dapat menyebutkan sebab tidak dilaksanakannya pembangunan nasional pada masa demokrasi parlamementer |
PG |
|||
Pertempuran 10 November 1945 |
Pengetahuan |
Siswa dapat menyebutkan penyebab pertempuran 10 november 1945 |
PG |
|||
Peristiwa Rengasdengklok |
Aplikasi |
Siswa dapat memperoleh manfaat peristiwa rengasdenglok |
pg |
|||
Sidang pertama BPUPKI |
Pengetahuan |
Siswa dapat menjelaskan siding pertama BPUPKI |
PG |
|||
Naska proklamasi |
Pengetahuan |
Siswa dapat menyebutkan penulis naskah proklamasi |
PG |
|||
Demokrasi Terpimpin |
Evaluasi |
Siswa dapat menjelaskan hubungan pelaksanaan model pemerintahan demokrasi terpinpin dengan dekrit presiden 5 Juli 1959 |
PG |
|||
16 |
Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. |
Orde Baru |
Pengetahuan |
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pada masa orde baru |
PG |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar