KISI - KISI UM IPS & FIQHI 2023 - Burhanuddin Al-Bugysi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 05 April 2023

KISI - KISI UM IPS & FIQHI 2023

 


KISI-KISI UJIAN MADRASAH (UM)

MATA PELAJARAN FIQHI MTs YASRIB BATU – BATU

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

                                                                                                                                               

KD

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

Menerapkan tata cara bersuci dari hadas & najis

Tata cara bersuci,dari hadas & najis

·         Mengidentifikasi tata cara bersuci dari hadas & najis

Menganalisis ketentuan shalat fardu 5 waktu

Tata cara shalat fardu

·         Memberikan contoh gerakan-gerakan shalat

Menganalisis ketentuan shalat berjamaah

Shalat berjamaah

·         Membandingkan makmum muwafiq & masbuk

Menganalisis keutamaan berzikir & berdoa setelah shalat

Berzikir & berdoa

·         Menemukan hikmah dari berzikir & berdoa

Menganalisis ketentuan shalat Jum’at

Tata cara pelaksanaan Shalat Jum’at

·         Mengorganisir tata cara pelaksanaan shalat Jum’at

Menganalisis ketentuan shalat jama & qashar

Shalat Jama Qashar

·         Membandingkan shalat Jama & shalat qasar

Menganalisis shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad

Shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad

·         Membandingkan shalat sunah mu’akkad & ghairu mu’akkad

Menerapkan tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur

Tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur

·         Mengimplementasikan tata cara sujud sahwi, tilawah & syukur

Menganalisis ketentuan pelaksanaan zakat

ketentuan pelaksanaan zakat

·         Menyimpulan cara mengeluarkan zakat

Menganalisis ketentuan ibadah puasa wajib & sunah

Puasa fardhu & puasa sunah

·         Membandingkan puasa fardhu & puasa sunah

Menerapkan ketentuan sedekah, hibah & hadiah

Sedekah, hibah & hadiah

·         Membandingkan sedekah, hibah & hadiah

Menganalisis ketentuan haji & umrah

Ketentuan haji & umrah

·         Membandingkan haji & umrah

Menganalisis ketentuan halal & haramnya makanan & minuman

Makanan & minuman halal & haram

·         Mengidentifikasi jenis-jenis makanan & minuman halal & haram

Menerapkan ketentuan penyembelihan binatang

Ketentuan  penyembelihan binatang

·         Menyimpulkan ketentuan menyembelih binatang

Menganalisis ketentuan kurban & akikah

Ketentuan kurban & akikah

·         Membandingkan kurban & akikah

Menganalisis ketentuan jual beli, khiyar & qirad

Jual beli, khiyar & qirad

·         Mengidentifikasi macam-macam jual beli, khiyar & qirad

Menganalisis larangan riba

Riba

·         Menentukan contoh praktik riba dimasyarakat

Menerapkan ketentuan ariyah & wadiah

ketentuan ariyah & wadiah

·         Menelaah praktik ariyah & wadiah dimasyarakat

Menganalisis ketentuan utang piutang, gadai & hiwalah

Hutang piutang

·         Mengidentifikasi ketentuan utang piutang

Menerapkan ketentuan pemulasaraan jenazah: memandikan, mengafani, menyalatkan, menguburkan

Pengurusan jenazah

·         Mengidentifikasi kewajiban, tata cara shalat,rukun shalat jenazah

Menganalisis ketentuan waris

Waris

·         Menelaah ketentuan waris pada kasus tertentu

 

 

·         Menentukan contoh pembagian harta warisan

Menganalisis ketentuan penyembelihan

Penyembelihan

·         Menelaah ketentuan rukun,syarat,sunnah dan larangan dalam penyembelihan

Menganalisis ketentuan jual beli, khiyar & qirad

Jual beli

·         Menentukan dasar hukum dalam kegiatan jual beli

 

 

·         Menentukan arti Qirad,Khiyar,Jual Beli,Riba

Menganalisis ketentuan utang piutang, gadai & hiwalah

Utang piutang

·         Menentukan rukun dan syarat hutang piutang

 

Gadai

·         Menentukan beberapa ketentuan umum dalam kegiatan Gadai

Menerapkan ketentuan pemulasaraan jenazah: memandikan, mengafani, menyalatkan, menguburkan

Pengurusan Jenazah

·         Mengidentifikasi posisi imam dalam pelaksanaaan shalat jenazah

 

 

·         Mengidentifikasi beberapa kewajiban dalam kegiatan pengurusan jenazah

  

 

 

  KISI KISI SOAL ASESMEN MADRASAH

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Satuan Pendidikan              : MTs Yasrib Batu Batu

Mata Pelajaran                     : IPS

Kelas/Semester  : IX/Genap

 

 

Alokasi Waktu              :

Kurikulum                     : 2013

Jumlah Soal                    :   50 Butir Soal

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi Esensial

Level Kognitif

Indikator Soal

Nomor

Soal

Bentuk Soal

1.        

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Letak geografis Indonesia

Pengetahuan dan pemahaman

(Mengidentifikasi)

Siswa dapat mengidentifikasi batas letak geografis Indonesoa


PG

Kondisi geografis dengan aktivitas manusia

Pengetahuan dan pemahaman

(Mengidentifikasi)

Siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia sesuai dengan kondisi lingkungannya


PG

Peta

Aplikasi

(Menghitung)

Siswa dapat menghitung skala peta


PG

2

Mengidentifikas interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ,ekonomi,dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembgan sosial budaya

 Interaksi sosial

Pengetahuan dan pemahaman

(Memahami)

Siswa dapat memahami factor kelangsungan interaksi sosial


PG

Bentuk –bentuk Interaksi sosial (7/1)

Pengetahuan dan pemahaman

(Memahami)

Siswa dapat memberi contoh bentuk interaksi sosial  proses disosiatif  bentuk pertentangan/konflik


PGk

3

Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan inter aksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan oleh faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,sosial, pendidikan dan politik 

 Prinsif ekonomi

Pengetahuan dan Pemahaman

(Mendeskripsikan)

Siswa dapat mendeskripsikan prinsif tindakan ekonomi


PG

4

Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia.

Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Aplikasi

(Memberikan contoh)

Siswa dapat memberikan contoh kegiatan manusia sebagai makhluk sosial


PG

5

Mendeskripsikan uang dan lembaga  keuangan

uang

Membedakan (Aplikasi)

Dari data yang ditampilkan, siswa dapat membedakan fungsi asli dan fungsi turunan uang


PG

6

Memahami berpikir kronologi, perubahandankesinambungandalamkehidupanbangsa Indonesia padaaspekpolitik, sosial, budaya, geografis, danpendidikansejakmasapraaksarasampaimasa Hindu-Buddha, dan Islam.

 

Kerajaan kerajaan Islam di Indonesia

Pengetahuan dan pemahaman

(Menyebutkan)

Siswa dapat menyebutkan kerajaan karajaan islam di Indonesia


PG

Kerajaan Islam

Pengetahuan dan pemahaman

(menunjukan)

Siswa dapat menunjukan puncat kejayaan Aceh


PG

7.

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Mengenal Negara-negara ASEAN

Menentukan (aplikasi)

Siswa dapat menentukan letak geografis ASEAN


PG

Mengenal Negara-negara ASEAN

Mengidentifikasi (pemahaman)

Siswa dapat mengidentifikasi tanggal berdirinya ASEAN

 


PGk

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk bentuk kerja sama ASEAN di bidang politik


PG

Faktor pendorong

Mengidentifikasi (pemahaman)

Faktor pendorong kerja sama antar negara ASEAN


PG

 

 

Menjelaskan Pengaruh Konvensi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang negara-negara ASEAN

 


PG

8.

Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Bentuk –bentuk mobilitas sosial

Mengidentifikasi (Pemahaman)

Siswa dapat mengidentifkasi bentuk mobilitas sosial


PG

9.

Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-

Contoh  Factor pendorong mobilitas sosial

Pengetahuan dan pemahaman

(Menentukan)

Menentukan  contoh Faktor pendorong Mobilitas Sosial


PG

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Pengetahuan dan pemahaman

 (Mengidentifikasi)

 

Fsiwa dapat mengidentifikasi faktor penghambat integrasi sosial


PG

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Pengetahuan dan pemahaman

(Mejelaskan)

Siswa dapat menjelaskan   peran penting   Kegiatan yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah


PGk

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Mengklasifikasi (aplikasi)

Siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga produksen 


PG

 

 

Penguatan ekonomi maritin dan Agrikultur

Pengetahuan dan Pemahaman

(Menjelaskan)

Siswa dapat upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia


PG

10.

Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan

Masa kolonialisme

Pengetahuan dan Pemahaman

(Menjelaskan)

Siswa dapat mengidentifikasi yang melatar belakangi sisti sewa tanah pada pemerintahan


PG

Sistim tanam paksa

Aplikasi

(Menjelaskan)

Siswa dapat menjelaskan sistim tanam paksa


PG

Tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan

Aplikasi

(Mengklasifikasi)

Siswa dapat menjelaskan propaganda semboyang Tiga A


PG

11

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik.

 

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahuan

Siswa dapat Mengidentifikasi  benua yang terluas berdasarkan letak astronomis


PG

Kondisi negara di dunia

Aplikasi

(Mengklasifikasi)

Menjelaskan penyebab jepang mengalami penurunan jumlah penduduk


PG

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahuan

 

Siswa dapat mengidentifikasi letak negara di benua


PG

Flora dan Fauna Benua

Pemahaman

 

Siswa dapat menjelaskan flora dan funa benua


PG

Perubahan social budaya

Pemahaman

Siswa dapat menidentifikasi pengeruh perubahan social budaya


PG

Globalisasi

Aplikasi

Siswa dapat menjelaskan globalisasi di bidang ekonomi


PG

Globalisasi

Pemahaman

Siswa dapat mengkategorikan bidang-bidang dalam globalisasi


PG

12

Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Dampak positif dan negatif globalisasi

Pemahaman

Siswa dapat menjelaskan dampak positif globalisasi


PG

Perubahan sosial budaya

Evaluasi

Siswa dapat mengidentifikasi  cara menyikapi perubahan social dan globalisasi


PG

13

Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat

Perdagangan International

Pemahaman

Siswa dapat mengidentifikasi factor-faktor  perdagangan international


PG

Perdagangan International

Pengetahun

Siswa dapat menjelaskan pengertian perdagangan international


PG

Perdagangan International

Pemahaman

Siswa dapat menjelaskan hambatan perdagangan international


PG

Perdagangan International

Evaluasi

Siswa dapat membandingkan perkembangan ekspor-impor Indonesia


PG

Perdagangan International

Analisis

Siswa dapat menjelaskan ekspor


PG

Perdagangan International

Evaluasi

Siswa dapan emngidentifikasi komoditas ekspor sebagai bahan baku penolong


PG

Perdagangan International

Evaluasi

Siswa menjelaskan yang  mendirikan organisasi ASEAN


PG

14

Menyajikan hasil analisis tentang Ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Pasar Bebas

Pemahaman

Siswa dapat menidentifikasi  konsep pasar bebas


PG

 

Pemahaman

Siswa dapat mengidentifikasi organisai pasar bebas


PG

15

Menganalisiskronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

 

Pra Kemerdekaan

Analisis

Siswa dapat menjelaskan keadaan bangsa Indonesia setelah merdeka


PG

Demokrasi Parlementer

Pengetahuan

Siswa dapat menyebutkan sebab tidak dilaksanakannya pembangunan nasional pada masa demokrasi parlamementer


PG

Pertempuran 10 November 1945

Pengetahuan

Siswa dapat menyebutkan penyebab pertempuran 10 november 1945


PG

Peristiwa  Rengasdengklok

Aplikasi

Siswa dapat memperoleh  manfaat  peristiwa rengasdenglok


pg

Sidang pertama BPUPKI

Pengetahuan

Siswa dapat menjelaskan  siding pertama BPUPKI


PG

Naska proklamasi

Pengetahuan

Siswa dapat menyebutkan penulis naskah proklamasi


PG

Demokrasi Terpimpin

Evaluasi

Siswa dapat menjelaskan hubungan pelaksanaan model pemerintahan demokrasi terpinpin dengan dekrit  presiden 5 Juli 1959


PG

16

Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Orde Baru

Pengetahuan

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pada masa orde baru


PG

 

            

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar