KISI-KISI SOAL PAT BTA SEMESTER I (GANJIL) KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2024-2025 MTs. YASRIB BATU-BATU
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR SOAL |
MATERI |
BENTUK SOAL |
Memahami ilmu Tajwid dan mengaplikasikannya dalam membaca al-qur’an |
· Memahami dasar – dasar ilmu Tajwid secara bahasa dan istilah |
· Siswa dapat menjelaskan pengertian ilmu tajwid secara bahasa dan istilah · Siswa dapat Memahami tujuan dan manfaat mempelajari ilmu Tajwid · Siswa dapat menjelaskan hukum mempelajari ilmu tajwid · Siswa dapat menjelaskan hukum membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
|
Ilmu Tajwid |
Essay |
Menerapkan hukum bacaan Tajwid dengan benar dalam tilawah Al-Qur’an |
· Mengenal makharijul huruf (Tempat keluarnya Huruf)
|
· Siswa dapat Menjelaskan mengidentifikasi makharaj huruf hijaiyyah yang tepat · Siswa dapat membaca huruf hijaiyyah sesuai dengan makhrajnya
|
Makharijul huruf |
Essay |
Menghargai pentingnya membaca Al-Qur’an dengan Tajwid yang baik sebagai ibadah |
· Memahami sifat – sifat huruf |
· Siswa dapat Menjelaskan sifat lazimah dan aridhah · Siswa dapat Membaca huruf hijaiyyah sesuai sifat-sifatnya |
Huruf hijaiyyah |
Essay |
|
· Memahami hukum bacaan nun mati dan tanwin |
· Siswa Dapat Mengidentifikasi jenis – jenis hukum bacaan nun mati dan tanwin · Siswa Dapat menjelaskan idzhar khalqi,Idgham bigunnah, idgham bila gunnah, iqlab dan Ikhfa · Siswa Dapat memberikan contoh idzhar khalqi,Idgham bigunnah, idgham bila gunnah, iqlab dan Ikhfa |
Hukum Nun mati dan Tanwin |
Essay |
|
· Memahami hukum bacaan mim sukun (Idgham mimi,Ikhfa Syafawi,Idzhar syafawi) |
· Siswa Dapat melengkapi Tabel Hukum bacaan mim sukun · Membaca contoh bacaan sesuai hukum bacaan mim sukun |
Hukum mim sukun |
Essay |
|
· Memahami hukum bacaan Lam Ta’rif (Alif Lam syamsiyah & Alif Lam Qamariyah) |
· Siswa Dapat Menjelaskan Hukum bacaan Alif Lam syamsiah & Alif Lam Qamariah · Siswa Dapat Mengenal Waqaf & Ibtida’ · Siswa Dapat Membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan waqaf dan ibtida’ · Siswa Dapat melengkapi Tabel Hukum bacaan mim sukun |
Lam Ta’rif |
Essay |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar