|
KISI-KISI
SOAL UJIAN IPS SEMESTER I (GANJIL)
KELAS IX TAHUN
PELAJARAN 2022-2023 MTs. YASRIB BATU-BATU |
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR
SOAL |
MATERI |
JENIS SOAL |
KELAS |
-Memahami dan mengembangkan pengetahuan tentang Interaksi
antar negara Asia dan Benua Lainnya |
-Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan arti,Macam-macam,Letak
Benua-benua didunia - Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan
arti,Jenis-jenis flora & Fauna di beberapa benua - Menjelaskan dinamika,pengaruh interaksi antar benua di
dunia |
·
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan Pangea & Benua ·
Siswa
dapat mengemukakan beberapa benua di dunia ·
Siswa
dapat mengemukakan letak Astronomis
beberapa benua di dunia ·
Siswa
dapat mengemukakan beberapa agama yang berkembang di dunia ·
Siswa
dapat mengemukakan hal-hal positif yang perlu di teladani dari
negara jepang ·
Siswa
dapat menjelaskan arti flora
dan fauna ·
Siswa
dapat mengemukakan beberapa flora dan fauna di jepang,Amerika
serikat,Inggris,Australia & Mesir ·
Siswa
dapat mengemukakan beberapa Ras yang berkembang di belahan dunia ·
Siswa
dapat mengemukakan ciri-cirinya Ras yang berkembang di dunia ·
Siswa
dapat mengemukakan dinamika penduduk benua didunia ·
Siswa
dapat mengemukakan pengaruh yang ditimbulkan akibat interaksi antar
ruang di beberapa benua |
Interaksi antar
negara Asia dan Benua Lainnya |
Essay |
IX |
-Memahami mengidentifikasi, menerapkan filterisasi
Perubahan sosial budaya & Globalisasi dalam kehidupan sehari-hari |
-Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan arti,bentuk-bentuk,faktor
pendukung,penghambat perubahan sosial -Mengemukakan penyebab,contoh perubahan sosial -Menjelaskan arti,macam-macam,dampak positif &
Negatif Globalisasi -Memberikan contoh kenakalan Remaja -Mengemukakan Upaya menghadapi globalisasi |
·
Siswa
dapat menjelaskan arti perubahan sosial ·
Siswa
dapat mengemukakan bentuk – bentuk perubahan
sosial ·
Siswa
dapat mengemukakan Faktor pendukung perubahan
sosial ·
Siswa
dapat mengemukakan Faktor penghambat perubahan
sosial ·
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan Difusi,akulturasi, Asimilasi ·
Siswa
dapat memberikan contoh Difusi,akulturasi, Asimilasi ·
Siswa
dapat memberikan contoh perubahan
sisoal ·
Siswa
dapat mejelaskan arti Globalisasi ·
Siswa
dapat mengemukakan Macam-macam Globalisasi ·
Siswa
dapat menjelaskan Dampak Positif dari globalisasi ·
Siswa
dapat menjelaskan Dampak Negatif dari globalisasi ·
Siswa
dapat memberikan contoh kenakalan remaja dilingkungan keluarga ·
Siswa
dapat memberikan contoh kenakalan remaja dilingkungan Sekolah ·
Siswa
dapat memberikan contoh kenakalan remaja dilingkungan masyarakat ·
Siswa
dapat mengemukakan upaya menghadapi
Globalisasi |
Perubahan sosial
budaya & Globalisasi |
Essay |
IX |
Batu – Batu, 26
November 2022
Mengetahui, |
|
|
Kepala Madrasah A L I Y A S, S.Ag.,MM NIP.19681010 199903 1 004 |
|
Guru Bid.Studi BURHANUDDIN, S.Pd |
|
KISI-KISI
SOAL UJIAN FIQHI SEMESTER I (GANJIL)
KELAS IX TAHUN
PELAJARAN 2022-2023 MTs. YASRIB BATU-BATU |
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR
SOAL |
MATERI |
JENIS SOAL |
KELAS |
-Memahami dan mengamalkan proses penyembelihan dalam
kehidupan sehari-hari |
-Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan arti,Dalil,Rukun, Syarat,alat yang digunakan dalam penyembelihan -Mengemukakan Sunnah,Makruh dalam penyembelihan - Menjelaskan tata cara penyembelihan |
·
Siswa
dapat menjelaskan arti penyembelihan ·
Siswa
dapat mengemukakan Dasar hukum penyembelihan surah Al-Ma’idah ayat 3 ·
Siswa
dapat mengemukakan Rukun Penyembelihan ·
Siswa
dapat mengemukakan Syarat Penyembelihan ·
Siswa
dapat mengemukakan Syarat binatang yang dapat disembelih ·
Siswa
dapat mengemukakan alat yang dapat digunakan dalam menyembelih
binatang ·
Siswa
dapat mengemukakan sunnah Penyembelihan ·
Siswa dapat mengemukakan hal-hal makruh dalam penyembelihan ·
Siswa
dapat mengemukakan tata cara penyembelihan binatang dalam keadaan
Maqdur ·
Siswa dapat mengemukakan tata cara penyembelihan binatang dalam keadaan ghairu Maqdur |
Penyem- belihan Hewan |
Essay |
IX |
-Memahami dan mengamalkan proses penyembelihan Hewan
Qurban dan aqiah sesuai syari’at islam |
-Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan arti,Dasar hukum,Ketentuan
hewan Qurban -Mengidentifikasi waktu & tempat penyembelihan
Qurban -Mengemukakan Sunnah,tata cara dan Hikmah Qurban |
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian Qurban menurut bahasa dan istilah ·
Siswa
dapat menentukan dasar hukum (Dalil) tentang Qurban ·
Siswa
dapat mengemukakan Ketentuan (Syara) hewan Qurban ·
Siswa
dapat mengemukakan waktu dan tempat penyembelihan Qurban ·
Siswa
dapat mengemukakan sunnah – sunnah dalam penyembelihan Qurban ·
Siswa
dapat mengemukakan tata cara penyembelihan hewan Qurban ·
Siswa
dapat mengemukakan Hikmah Qurban |
Penyem- belihan Hewan Qurban |
Essay |
IX |
-Menjelaskan arti,syari’at dan ketentuan Aqiqah -Mengemukakan Hikmah aqiqah |
·
Siswa
dapat menjelaskan Pengertian Aqiqah ·
Siswa
dapat menjelaskan Syari’at & Ketentuan Aqiqah ·
Siswa
dapat mengemukakan Hikmah
Aqiqah |
Aqiqah |
Essay |
IX |
|
-Memahami dan mengamalkan jual beli,Khiyar,Qiradsesuai
syari’at islam dan menghindari riba dalam kehidupan sehari - hari |
-Menjelaskan arti,syarat,rukun jual beli -Mengemukakan jenis-jenis jual beli |
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
Jual Beli ·
Siswa
dapat mengemukakan syarat dan rukun jual beli ·
Siswa
dapat mengemukakan Macam-macam jual beli |
Jual Beli |
Essay |
IX |
-Menjelaskan arti & macam-macam Khiyar |
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
Khiyar ·
Siswa
dapat Macam-macam Khiyar |
Khiyar |
Essay |
IX |
|
-Menjelaskan arti & macam-macam Qirad |
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
Qirad ·
Siswa
dapat Mengemukakakan jenis-jenis qirad |
Qirad |
Essay |
IX |
|
-Menjelaskan arti & jenis-jenis Riba |
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
Riba ·
Siswa
dapat Mengemukakakan jenis-jenis riba |
Riba |
Essay |
IX |
Batu – Batu, 26
November 2022
Mengetahui, |
|
|
Kepala Madrasah A L I Y A S, S.Ag.,MM NIP.19681010 199903 1 004 |
|
Guru Bid.Studi BURHANUDDIN, S.Pd |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar